Saturday, August 15, 2015

TRIP PULAU BALAK LAMPUNG

www.pantaiklara.blogspot.com
Pantai pulau Balak Lampung

Unik dan mempesona” kata yang tepat untuk menggambarkan salah satu lokasi wisata dikabupaten Pesawaran Lampung ini. Adalah pulau Balak, Areal seluas ±200 hektar sejauh mata memandang tampak perpaduan antara bebatuan padas di sisi timur dan selatan serta hamparan pasir putih di sisi barat dan utara.


Pasir putih yang lembut terhampar bagaikan permadani yang luas sehingga siapapun ingin berlama-lama duduk diatasnya sambil menikmati view pulau pahawang dari pulau ini. Ada sisa-sisa batang kayu di hamparan pasir itu seolah pernah ditumbuhi pohon. Jika menyusuri sisi timur dan selatan Pulau Balak, tampak tebing bebatuan tinggi yang menyerupai dinding benteng penahan ombak yang kokoh.

Pohon ketapang, putat laut, waru laut, dan rumput angina mendominasi Pesisir Pulau Balak. Sedangkan ditengah pulau didominasi kelapa, kakao, duku, dan sejumlah tanaman khas daerah pesisir.

Letak Pulau Balak yang berada dalam Teluk Punduh Pidada membuat air di sekitarnya cukup tenang. Kondisi tersebut mempermudah para penyelam menikmati keindahan terumbu karang di sekitar Pulau Balak. Sekitar 80 persen terumbu karang di perairan ini masih terjaga.Salah satu kelebihan terumbu karang dipulau ini adalah keberadaannya tidak begitu dalam, saat air laut surut terumbu karang yang besar bisa terlihat jelas dipermukaan laut.
 
http://www.pantaiklara.blogspot.com
Oxypora lacera

Tak butuh waktu lama untuk menuju ke titik terumbu karang, hanya 15 menit menyeberang menggunakan perahu dari dermaga pulau Balak. Berbekal perlengkapan selam sederhana berupa kacamata renang, alat bantu pernapasan, sepatu katak, dan rompi pelampung, pengunjung bisa langsung menikmati pesona aneka terumbu karang yang ada dipulau ini.

http://pantaiklara.blogspot.com
Terumbu karang matoa


Terumbu karang beraneka ragam jenis serta ikan hias dan biota laut khas pulau balak dengan mudah dijumpai hanya dikedalaman 2 meter. Di satu sisi memang mengasyikkan bisa melihat keindahan terumbu karang di kedalaman 2 meter. Namun, di sisi lain, terumbu karang kadang cepat rusak karena tidak sengaja terinjak penyelam pemula, "pengunjung meski berhati-hati dan turut menjaga serta melestarikan pesona yang terbentuk secara alami tersebut".

http://pantaiklara.blogspot.com

Salah satu daya tarik alam bawah laut lainnya di perairan pulau Balak adalah komposisi terumbu karang yang rapat. Terumbu karang jenis Oxypora lacera, Pectinia lactuca, dan Montipora digitata mudah ditemui. Biota penghuni terumbu karang seperti ikan nemo, ikan bendera serta beraneka jenis dan warna hidup di antara terumbu karang berpadu begitu serasi, sungguh pemandangan eksotis keseimbangan alam yang sempurna terlihat jelas dipulau ini.
http://www.pantaiklara.blogspot.com

Apabila beruntung, penyelam bisa bertemu dengan penyu sisik yang sesekali berenang di sekitar perairan Pulau Balak. ”Pada musim tertentu, sejumlah penyu sisik memilih bertelur di pesisir pantai pulau Balak.

Bila anda membutuhkan informasi tentang biaya trip Pulau Balak dan Pulau Tanjung Putus serta beberapa aset wisata lain dikecamatan Punduh pidada kabupaten Pesawaran dapat anda temukan disini


https://www.facebook.com/Pantaiklara.talk4fun

No comments:

Post a Comment

Loading