HALAMAN

Saturday, August 22, 2015

RUATAN LAUT KETAPANG 2015


http://www.pantaiklara.blogspot.com/

UPACARA HUT RI DAN RUATAN LAUT

Peringatan kemerdekaan negara republik Indonesia ke 70 dusun ketapang

Assalamualaikum wr wb, semoga sobat bloger selalu dilimpahkan barokah dan hidayah kesehatan oleh Allah SWT, Amiin. 

Sobat bloger tahun ini Negara Kesatuan Republik Indonesia telah berusia 70 tahun. Dalam turut memeriahkan serta mendalami hikmah kemerdekaan. Alhamdulillah, telah diselenggarakan "Upacara Ruatan Laut didusun Ketapang", kecamatan Teluk pandan, kabupaten Pesawaran-Lampung. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan dan kehidupan Pantai klara tidak lepas dari peranan masyarakat dusun Ketapang. Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil dari laut yang menopang sendi kehidupan masyarakat dusun Ketapang dan masyarakat disekitarnya maka Upacara Ruatan Laut Dusun Ketapang dilaksanakan.dan semoga dapat memperbaiki hubungan antara alam dan mahluk hidup yang bermukim didalamnya serta menjadi titik silaturahmi yang dinamis seluruh masyarakat dan saling ikut menjaga  kualitas alam yang menopang kehidupan mereka.
http://pantaiklara.blogspot.com

 Upacara Ritual Ruatan Laut Dusun Ketapang

Masyarakat dusun Ketapang memiliki mata pencaharian 99% sebagai nelayan dan penggerak perahu penyeberangan antar pulau mengingat begitu banyak pulau terpencil yang berada di sekitar laut Ketapang, serta memberi jasa tumpangan perahu bagi wisatawan yang ingin sekedar memancing atau bersnorkeling dipulau-pulau yang memang banyak memiliki pesona dan eksotis bagi kalangan wisatawan yang ingin mencari pengalaman berwisata bahari ke pulau Pahawang, pulau Tanjung putus, pulau kelagian atau bahkan ke area wisata kiluan dusun ketapang merupakan salah satu "Pintu Gerbang Wisata Bahari kabupaten Pesawaran".
Setelah selesai melaksanakan Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Negara Indonesia ke 70 tahun. Prosesi dilanjutkan dengan Upacara Ruatan Laut. Acara adat ini merupakan simbol  pelestarian alam yang terus dijaga agar berjalan secara alamiah, maksud diadakannya upacara Ruatan Laut ini karena alam merupakan sahabat dan juga sumber kehidupan bagi mereka yang bermukim, bekerja dan bergantung pada alam sehingga melestarikan dan menjaga keseimbangan alam adalah kewajiban bagi mahluk yang bermukim di alam itu sendiri. 

Keunikan dari diadakannya upacara 5 tahunan  ini karena masyarakat dusun ketapang melakukan pemotongan kerbau yang mana setelah di potong sebagian daging yang telah dimasak akan dimakan bersama seluruh warga ketapang dan seluruh warga lain yang kebetulan hadir saat  upacara ini  dilaksanakan, lalu kepala kerbau akan di beri doa oleh tetua serta tokoh diikuti seluruh warga dusun Ketapang diarak dan dinaikan ke perahu untuk di benamkan kelaut. "Hal ini dilakukan agar keseimbangan mahluk hidup dan alam tetap terjaga" demikian ungkap pak Rahman salah satu warga Ketapang.
Mayoritas warga ketapang adalah suku keturunan lampung, bugis, jawa serang dan jawa sunda. Dusun Ketapang memiliki 297 kepala keluarga dan kesemuanya bergantung pada laut Ketapang.

http://pantaiklara.blogspot.com


Bagi anda yang ingin merasakan sensasi Wisata Bahari Silakan datang ke Dusun Ketapang KM. 22 Jl raya Teluk Ratay kami menawarkan berbagai paket wisata menarik baik view pulau atau Bawah Laut,  
Silakan  klik disini

informasi lebih lanjut silakan hubungi ;
Contact Persson = 082280445554
invite bb = 2a07f5be

kunjungi juga "FUNSPAGE FACEBOOK"  kami disini untuk keterangan lebih lanjut

No comments:

Post a Comment